WHAT'S NEW?
Loading...

5 MANFAAT MADU BAGI KESEHATAN, BISA MENCEGAH VIRUS CORONA DI KOTA TRENGGALEK

5 MANFAAT MADU BAGI KESEHATAN, BISA MENCEGAH VIRUS CORONA DI KOTA TRENGGALEK, 082117880101

maduhitamaslimugimubarok.blogspot.com- Siapa sih yang tidak mengenal madu? Sejak zaman kakek nenek moyang kita, madu telah dimanfaatkan bagi kesehatan tubuh. Berbagai macam khasiat madu telah menjadi rahasia umum. Madu sendiri memiliki berbagai jenis. Jika dilihat dari cara memperoleh madu, ada 2 (dua) jenis madu yaitu Madu Hutan Liar dan Madu Ternak.

Madu Hutan Liar jelas diperoleh dari lebah-lebah yang hidup di alam liar tanpa campur tangan manusia. Ini menjadikan madu yang dihasilkan merupakan madu asli atau madu alami yang terbaik karena lebah-lebah tersebut mengambil nectar dari bunga yang merupakan tanaman alami di habitat lebah tersebut.

Madu Ternak merupakan madu yang dihasilkan  lebah yang diternakkan atau dibudidayakan manusia. Lebah-lebah ini sengaja diternakkan untuk menghisap nectar-nectar bunga tertentu sesuai yang ada dilingkungan peternakan. Sehingga kandungan senyawa nya tidak sebanyak madu hutan liar. Dari sinilah jenis-jenis madu banyak dihasilkan sesuai dengan nectar bunga yang dihisap lebah. Seperti Madu Kelengkeng, merupakan hasil dari lebah yang menghisap nectar bunga kelengkeng. Madu Randu dari nectar bunga Randu, Madu Kurma dari nectar bunga kurma, dan lain sebagainya.

madu murni

Faedah yang ada dalam madu

Ternyata selain berkhasiat bagi kesehatan, madu juga bermanfaat untuk kecantikan. Banyaknya produk-produk kecantikan yang berbahan dasar madu menjadi buktinya. Pun obat-obatan dan juga menjadi campuran di makanan maupun minuman kita sehari-hari.
Lebah sebagai penghasil madu, awalnya menghisap nektar bunga. Nektar bunga yang dihisap lebah inilah yang menjadi madu asli atau  madu alami. Sehingga khasiat didalamnya jauh lebih banyak dibandingkan dengan madu dalam kemasan yang telah dikombinasi dengan bahan lainnya. Selain itu kekentalan madu asli lebih pekat daripada madu kemasan.

Rasa manis yang khas dari madu dikarenakan adanya unsur monosakarida fruktosa dan glukosa yang tentu saja lebih bagus daripada gula. Untuk jumlah campuran senyawa fruktosa nya ada sebanyak 38,5 persen dan glukosa nya sebanyak 31 persen. Kalori gula dalam madu dapat menyerap lemak dengan lebih baik apalagi jika dicampur dengan air hangat. Kandungan karbohidrat dalam madu terdiri dari sukrosa, maltose serta karbohidrat kompleks lainnya.


saranglebah,madualshifa,madumurni,madutjmurni,madupahit,madugibran
Madu Kelengkeng Murni
Selain itu, madu juga memiliki kandungan anti-oksidan yang berasal dari senyawa pinobaksin, pinocembrin, chrysin, vitamin C, dan katalase. Tentu saja hal-hal tersebut amat berkhasiat bagi kesehatan tubuh kita.

Inilah ragam manfaat madu bagi kesehatan dan juga kecantikan, diambil dari berbagai sumber:
1.       Memperkuat Imun atau Sistem Kekebalan Tubuh Kita
Dari hasil penelitian School of Medicine, Cardiff University, Inggris, ditemukan bahwa madu dapat merangsang tubuh untuk memproduksi sel-sel kekebalan tubuh atau sel imun. Nutrisi yang ada dalam madu dapat meningkatkan metabolisme dan stamina tubuh. Apalagi dengan maraknya kasus penyakit Corona, dimana stamina tubuh yang kuat diperlukan untuk mencegah COVID-19 merusak sel-sel organ tubuh kita.
2.       Membuat jantung tetap sehat dan mencegah kanker
Adanya kandungan antioksidan dan flavonoid, membuat madu dapat membantu mencegah terbentuknya gumpalan darah yang dapat menyumbat kerja jantung sehingga resiko terkena stroke dan penyakit jantung lainnya dapat dikurangi. Antioksidan dalam madu yang tinggi, juga bisa mencegah tumbuhnya sel-sel jahat penyebab kanker.
3.       Menyembuhkan Luka Terbuka
Madu yang dioleskan pada luka terbuka dapat mempercepat terbentuknya sel-sel jaringan baru guna menutup luka tersebut. Luka terbuka ini bisa diakibatkan karena jatuh maupun karena luka bakar.
4.       Menurunkan Berat Badan dan juga Kolesterol
Campuran madu dengan air perasan jeruk nipis atau lemon serta air hangat dapat membakar lemak jenuh dalam tubuh yang menjadi penyebab naiknya berat badan kita. Rutin dikonsumsi setiap hari, lemak yang terbakar juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Efek sampingnya Berat Badan dapat turun sehingga badan kita jadi lebih sehat.
5.        Mencegah Penyakit Diabetes
Penyakit diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh kurang berfungsinya pancreas dalam menghasilkan insulin yang bertugas untuk menjaga kadar gula dalam darah. Sehingga dengan madu sebagai pengganti gula yang kita konsumsi, kerja pancreas akan terbantu. Fruktosa dan glukosa dalam madu bisa membantu tubuh untuk mengatur kadar gula dalam darah.

saranglebah,madualshifa,madumurni,madutjmurni,madupahit,madugibran
Madu Hutan Asli

Tatanan madu asli yang bagus

Seperti yang telah disinggung diatas, selain bermanfaat bagi kesehatan, madu juga berkhasiat untuk kecantikan. Banyak sekali produk-produk kecantikan yang menggunakan madu sebagai bahan dasarnya. Produk-produk kecantikan itu dapat digunakan untuk  wajah, bibir, kulit bahkan rambut kita. Selain madu yang sudah diolah menjadi krim, masker wajah, gel, maupun cairan, kita juga dapat memanfaatkan madu asli atau madu alami atau madu murni menjadi masker yang dioleskan langsung ke wajah kita setiap saat.

Adapun khasiat madu bagi kecantikan antara lain dapat melembabkan kulit kita, menghilangkan komedo, mengangkat sel-sel kulit mati, menghilangkan flek-flek hitam pada muka, menyamarkan noda bekas jerawat, mengobati jerawat, menyamarkan garis halus diwajah atau keriput, menghaluskan wajah, mencegah penuaan dini, membuat lebih awet muda, mengecilkan pori-pori di wajah, melembabkan bibir, membuat bibir lebih berwarna atau memerahkan bibir, mengobati bibir yang pecah-pecah, membuat rambut lebih bersinar, menguatkan akar rambut, menghilangkan kutu pada rambut, menghitamkan rambut, menjaga rambut tetap sehat, mencegah ujung rambut jadi rusak, menutrisi rambut dari akar hingga ujungnya.

Anda dapat memperoleh berbagai macam madu di Toko Mugi Mubarok yang beralamat di Jalan Gatot Subroto 169 Ungaran Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Follow IG nya di @mugi.mubarook atau Fanpage nya tokomugimubarok, untuk mendapat pilihan madu lengkap sesuai kebutuhan Anda. Hubungi juga Customer Service untuk pemesanan via WA 0821 1788 0101.